Pengembangan bisnis berkelanjutan oleh perusahaan identik dengan kebutuhan riset pasar yang objektif. Hal inilah yang memicu perusahaan untuk bekerja sama dengan vendor Mystery Shopping. Namun, perusahaan juga sering kali kesulitan memilih dan menentukan vendor Mystery Shopping yang mampu memenuhi dan menjawab kebutuhan mereka. Terlebih, pilihan vendor Mystery Shopping kini juga semakin banyak.
Melihat banyaknya pilihan vendor Mystery Shopping di Indonesia, perusahaan dan para pemilik bisnis perlu memperhatikan 3 faktor berikut dalam memilih vendor Mystery Shopping.
1. Talent Mystery Shopper yang Berkualitas
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, perusahaan dan pemilik bisnis perlu mengetahui bagaimana proses seleksi talent. Metode seleksi diharapkan bisa berlangsung secara transparan, mulai dari penyaringan, pelatihan hingga briefing akhir sebelum menjalankan project.
2. Objektivitas Laporan Vendor Mystery Shopping
Tujuan utama riset pasar dengan Mystery Shopping adalah untuk mengukur dan memantau konsistensi pelaksanaan standar layanan sekaligus mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam pelayanan dengan harapan perbaikan retensi pelanggan. Tentunya vendor Mystery Shopping diharapkan mampu merangkum semua laporan kunjungan agar mendapatkan hasil yang terpercaya dengan objektivitas tinggi.
Untuk mendapatkan hasil laporan yang dapat dipercaya dengan objektivitas tinggi, setiap hasil kunjungan Mystery Shopper memerlukan quality control. Proses ini mencakup validasi dan verifikasi hasil kunjungan dengan memeriksa ulang data (berupa audio, gambar, dan video) yang dikumpulkan oleh Mystery Shopper untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan akurat dan sesuai dengan pengalaman yang dialami. Proses validasi ini dapat melibatkan perbandingan hasil dari beberapa Mystery Shoppers untuk mendeteksi konsistensi dan kesesuaian hasil.
Apabila hasil dari quality control ini dirasa tidak valid atau diragukan, maka perlu dilakukan kunjungan ulang oleh Mystery Shopper lainnya. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi risiko kesalahan penilaian dan meningkatkan kepercayaan terhadap hasil akhir. Dengan demikian, perusahaan atau pengguna jasa vendor Mystery Shopping dapat mengambil keputusan yang lebih tepat berdasarkan data yang lebih akurat dan terpercaya.
3. Transparansi dan Kemudahan Akses Laporan
Sesuai tugas dan fungsinya, vendor hadir untuk memudahkan perusahaan menjawab kebutuhan mereka. Ketika laporan hasil Mystery Shopping disampaikan dengan transparan, perusahaan dapat memahami secara jelas proses evaluasi, metodologi yang digunakan, serta temuan-temuan spesifik yang diidentifikasi. Transparansi ini membantu perusahaan untuk memastikan bahwa evaluasi dilakukan secara objektif dan tidak ada informasi yang disembunyikan atau dimanipulasi.
Kemudahan akses laporan juga merupakan faktor kunci yang mendukung efektivitas proses evaluasi. Ketika laporan mudah diakses dengan cepat secara online, perusahaan bisa menghemat waktu dan biaya, sekaligus dapat segera menindaklanjuti temuan yang ada. Ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan perbaikan atau penyesuaian yang diperlukan dengan lebih cepat, sehingga meningkatkan kualitas layanan atau produk yang ditawarkan. Akses yang mudah juga membantu dalam proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan berdasarkan data yang akurat.
Evaluate adalah penyedia jasa Mystery Shopping yang memenuhi kriteria di atas. Bukan hanya dijalankan oleh tenaga ahli profesional, Evaluate juga berpengalaman menjalankan Mystery Shopping di berbagai sektor bisnis, seperti F&B, retail, otomotif, perbankan, travel & tourism, logistik, kesehatan dan kecantikan, hingga lifestyle.
Klik tombol WhatsApp di kanan bawah untuk diskusi dan dapatkan informasi tentang layanan yang tepat sesuai kebutuhan Anda.