fbpx

7 Keterampilan Esensial Customer Service yang Handal

Pengaruh CS (customer service) dalam bisnis sangatlah kuat. Pepper Rogers & Group menyebut bahwa 81% perusahaan yang memiliki kapabilitas dan kompetensi yang kuat untuk menjalankan pelayanan prima, mampu mengungguli kompetisi. Namun, untuk mencapainya tidaklah mudah. Sejak lama, pelaku bisnis berlomba-lomba mencari formulasi yang tepat untuk menciptakan sebuah tim pelayanan prima. Telah banyak hasil studi memaparkan…

7 Essential Skills of the Excellent Customer Service

Customer service has a very strong impact for a business. Pepper Rogers & Group saying that 81% companies with strong capability and competency for delivering the service excellence will outperform the competition. But, it’s not easy to accomplish that. Business leaders have been racing to find the right formula to create an excellent service team.…

Efektifkah Tanggapi Komplain Pelanggan dengan Kata “Maaf”?

Saat semua petugas pelayanan pelanggan (customer service) dilatih untuk selalu mendahulukan kata “maaf” ketika dikomplain pelanggan, tulisan ini menganjurkan Anda untuk berhenti melakukannya. Sebelum merasa tulisan ini membingungkan, ada baiknya kita sama-sama memahami konteks “maaf” secara lebih dalam. Permohonan maaf adalah sebuah pernyataan penyesalan atas sebuah kesalahan dan pernyataan ini sebaiknya disampaikan apabila Anda tahu…

Is It Effective to Respond the Customer’s Complaint with “Sorry”?

When all the customer service representatives (CS Reps.) are trained to always prioritize the word “sorry” whenever the customer is complaining, this article confidently suggests you to stop doing that. Before you get confused by this writing, let’s understand deeper the context of “sorry”. “Sorry” is a regret statement against the mistake, that should be…

Aturan Utama untuk menjadi Mystery Shopper Ahli

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, mystery shopper adalah profesi yang menantang. Sebagai sebuah profesi, mystery shopper memiliki kualifikasi khusus sehingga tidak sembarangan orang bisa melakukannya dengan baik. Pekerjaan ini tidaklah cocok untuk mereka yang sekadar hobi berbelanja. Shopper yang baik adalah shopper yang patuh. Artinya, shopper tersebut memahami dengan baik aturan/arahan, skenario, serta jadwal kerja…

The Principal Rules to be An Expert Mystery Shopper

As explained before, mystery shopper is a challenging job. As a profession, mystery shopper has a specific qualification that means not everyone can do it right. This job is not suitable for them who’s just love shopping. A great mystery shopper is the dutiful one. It means, the shopper fully understand the rule/direction, scenario, and…